Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Whois web pelacak data hosting dan domain sebuah website

Jika Anda sudah lama berkecimpung di dunia website pasti sudah tau fungsi dari situs yang satu ini.

Sebuah situs yang bermanfaat tetapi kadang juga terasa mengganggu privasi bagi sebagian pemilik website, ya nama situs tersebut adalah whois.

Jika Anda menggunakan domain Indonesia yang berekstensi .ID. maka jangan harap Anda bisa menyembunyikan detail data diri Anda yang sudah terdaftar di web hosting.

Mungkin untuk kebutuhan bisnis seperti promosi jual beli domain atau toko online pasti sangat terbantu dengan adanya web ini, karena ketransparasian data akan meningkatkan tingkat kepercayaan pengunjung.

Tetapi jika kita tidak ingin data privasi kita di publish secara terang-terangan maka situs ini cukup mengganggu sekali.

Karena semua data pribadi pemilik domain dari nama, alamat hingga nomor telepon akan terlacak disana.

Namun jika menggunakan domain TLD (top level domain) Internasional seperti .com, .net dan lain sebagainya, kita masih bisa menyembunyikan data privasi kita dengan tambahan biaya tentunya, sehingga detail data diri kita tidak di tampilkan di website tersebut.

Tetapi secara keseluruhan sebenarnya situs ini mempunyai tujuan yang baik untuk mendukung penggunaan media internet yang sehat, beberapa kegunaan dari situs whois tersebut adalah :

1. Mendukung keamanan dan kestabilan dari internet dengan menyediakan informasi kontak yang bisa dihubungi yang berhubungan dengan jaringan, ISP, dan pemilik domain.

2. Untuk mendapatkan informasi ketersediaan domain. Sehingga jika domain tersedia dalam artian belum diregistrasi oleh orang lain, maka Anda bisa melakukan registrasi atas nama domain tersebut.

3. Mempermudah penegakan hukum dalam investigasi pelanggaran hukum dalam suatu negara, seperti terorisme, pornografi, perdagangan organ, dan illegal content.

4. Memfasilitasi pencarian data untuk hak cipta dan merk dagang

5. Memberikan kontribusi pada kepercayaan pengunjung ketika mengunjungi suatu situs, seperti situs ecommerce ( toko online ), lembaga sosial, atau perusahaan yang menawarkan produk jasa.

Bagi Anda yang belum tahu dan ingin mengetes fungsi dari whios, silahkan kunjungi halaman web Whois tersebut.

Kemudian coba masukkan alamat domain yang ingin Anda lihat data pemiliknya (coba tes dengan memasukkan alamat web yang memiliki domain dengan ekstensi .id untuk melihat contoh data diri penuh dari pemilik situs).

Maka Anda bisa mengetahui detail data pemilik domain tersebut, baik yang masih terbuka datanya maupun data yang sudah di sembunyikan.

Intinya situs ini menawarkan ketransparansian data dari sebuah website. Mungkin tujuannya adalah untuk menghindari jika sebuah website di gunakan sebagai media kriminal atau melanggar undang-undang yang berlaku, sehingga jika sebuah website di salah gunakan akan cepat terlacak identitas dari pemilik website tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *