Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Tool yang di butuhkan untuk desainer logo

Memang untuk menjadi seorang desainer atau desainer grafis yang handal, selain keterampilan atau keahlian yang baik juga harus di support oleh tools pendukung yang memang membutuhkan modal tidak sedikit.

Tool yang di butuhkan untuk desainer logo

Contohnya saja untuk perangkat komputer yang akan kita gunakan, tentu harus sesuai dengan minimal requirement spesifikasi dari software tersebut. Karena mayoritas aplikasi pengolah grafis tersebut rata-rata membutuhkan requirement spesifikasi yang cukup tinggi di bandingkan aplikasi lainnya.

Tetapi setidaknya kita harus memiliki beberapa tool di bawah ini jika ingin terjun ke dunia desain seperti desainer logo misalnya.

Tool yang di butuhkan untuk desainer logo

#1. Kertas atau buku sketsa, pensil dan pena

Untuk menuangkan sebuah ide menjadi gambar, cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah melakukan sedikit coret-coret melalui kertas sketsa.

Dengan menggunakan sketsa tersebut, kita bisa menuangkan kreatifitas, imajinasi dan keahlian menjadi satu sebelum di olah melalui media digital komputer.

#2. Komputer dengan kualitas yang baik

Jika komputer yang kita butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari adalah komputer dengan spesifikasi seadanya, maka Anda tidak bisa menerapkannya ke dalam dunia desain grafis.

Di butuhkan setidaknya spesifikasi di atas rata-rata jika memang ingin menekuni dunia desain tersebut. Setidaknya jika Anda menggunakan komputer dengan spesifikasi yang bagus, Anda tidak mengalamai kehilangan kesabaran ataupun bad mood yang di sebabkan oleh hang aplikasi, aplikasi berjalan lambat, bahkan sering terjadi not responding.

Tentu Anda tidak ingin kehilangan konsentrasi saat melakukan desain yang di akibatkan masalah tersebut.

#3. Aplikasi Grafis

Untuk mengelola desain yang sudah Anda rancang sebelumnya melalui sketsa, tentu Anda membutuhkan aplikasi grafis pendukung untuk bisa merealisasikan ide tersebut.

Anda bisa memilih aplikasi grafis berjenis vektor seperti Corel draw, Adobe ilustrator, atau Inkspace. Atau memilih aplikasi grafis berjenis raster atau bitmap seperti Adobe photosop yang berbasis piksel.

#4. Kumpulan jenis font & gambar

Mungkin jika Anda tidak ingin membuat desain mulai dari nol, Anda bisa memanfaatkan kumpulan font dan gambar yang tersedia baik secara berbayar maupun gratis di internet.

Hal ini untuk membantu mempercepat proses desain sesuai dengan kebutuhan, untuk penggunaan bantuan font atau gambar, jangan lupa memperhatikan aturan lisensi yang di buat pemilik aslinya agar kita tidak melanggar aturan penggunaannya.

#5. Ruangan dengan meja dan kursi

Dalam membuat atau merancang sebuah desain, tentu kita membutuhkan sebuah ruangan dengan setidaknya perlengkapan seperti meja, kursi dan lampu untuk mendukung kenyamanan saat pengerjaan desain.

Karena kita juga akan menggunakan komputer dengan waktu yang cukup lama, perhatikan juga mengenai penggunaan jarak komputer dan posisi struktur tubuh yang benar agar terhindar dari penyakit yang di akibatkan hal-hal tersebut.

Usahakan juga mengistirahatkan mata agar tidak memandang monitor terlalu lama untuk kesehatan mata itu sendiri.

#6. Pertajam pengetahuan

Semakin banyaknya pengetahuan yang kita miliki akan memberikan kita ide serta gambaran yang lebih luas lagi dalam proses pembuatan desain.

Dengan berkembangnya internet, sekarang kita lebih mudah mempelajari berbagai informasi. Cara yang tepat untuk belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan keahlian adalah dengan cara membaca, pelajari dan mempraktekannya secara langsung atau menggunakan cara yang lebih mudah melalui tutorial-tutorial berbentuk video.

Memang tidak ada pekerjaan yang mudah, semua butuh usaha dan ketekunan. Setelah Anda mampu merealisasikan desain yang telah Anda buat, Anda juga harus mempelajari cara untuk mempromosikan dan memasarkannya secara luas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *