Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Tips dan trik mengganti template blog

Banyaknya ketersediaan template blog yang bervariasi dan gratis, membuat pemilik blog bisa berganti tema template blog sesuai dengan yang mereka inginkan kapan saja.

Penggantian template blog sendiri tidak akan mengakibatkan efek buruk (tidak menurunkan trafik) selagi Meta Tags (Blog Title, Blog Description, Keywords) tidak diubah.

Tetapi tetap saja pengunjung blog akan merasakan dampak perbedaan yang bisa berakibat positif maupun negatif. Misalkan saja, pada kecepatan web. Jika template yang kita pilih memiliki kecepatan load data yang lebih berat, tentu saja akan berefek negatif pada blog kita. Namun hal positif tetap akan terjadi sebaliknya jika kita memilih mengganti template dengan yang lebih baik lagi.

Contoh template blog yang baik

Meskipun efek baik dan buruknya tergantung dari pemilihan template yang akan kita gunakan, namun secara teknis sebaiknya Anda membaca beberapa tips berikut sebelum menggantikan template lama blog Anda dengan yang baru. Ini dia beberapa tipsnya :

Tips penggatian template blog

1.Gunakan template yang SEO Friendly dan responsive design

Template yang seo friendly tentu saja akan membantu dalam peningkatan trafik pada sebuah blog. Hal ini termasuk sangat penting untuk peningkatan pengunjung tentunya dan menghindari turunnya trafik yang di sebakan oleh template yang buruk. Meskipun tentu saja, konten Anda tetap memiliki peranan yang besar.

Design yang responsive pun juga sangat berpengaruh. Karena pengunjug tidak selau ingin mengakses web Anda melalui web browser pada komputer. Dengan design yang responsive tentu juga akan mempermudah pengunjung mengakses web Anda dari berbagai jenis Gadget.

2.Jangan gunakan template Premium bajakan

Menggunakan template premium tetapi versi bajakan sangat tidak di anjurkan. Biasanya akan terjadi kekacauan pada tampilan jika kita menggunakan template tersebut jika template telah di enkripsi dan di masukkan script untuk antisipasi pembajakan oleh pembuatnya.

Jika masih belum mampu membeli template premium, kita tetap masih bisa memilih banyak template gratisan yang bertebaran di internet. Tetapi usahakan download template tersebut langsung dari website resmi pemilik template untuk menghindari jika template tersebut disisipi oleh script-script yang tidak diinginkan.

Hindari juga kebiasaan menghilangkan kredit template blog jika di larang oleh pembuat template tersebut, kecuali diijinkan oleh pembuat templatenya. Mulailah belajar menghargai hasil karya seseorang dengan mematuhi ketentuan yang diberikan. Sebagai pemilik blog, tentu kita tidak ingin artikel kita di copas mentah-mentah oleh blog lain tanpa menyebutkan sumber referensi. Kurang lebih seperti itulah rasanya sebagai pemilik template blog yang ternyata setelah templatenya di gunakan tetapi kredit template dihapus secara sepihak. Intinya sama saja yaitu tidak menghargai.

3.Backup template lama

Pembackupan template lama berguna sekali untuk mengantisipasi jika suatu saat ternyata template yang akan Anda gunakan bermasalah.

Apalagi jika template baru yang akan Anda gunakan terasa tidak cocok di blog dan Anda ingin menggunakan kembali template lama Anda. Dengan adanya backup, Anda sudah tidak perlu lagi repot-repot dalam melakukan konfigurasi ulang di template lama Anda.

4.Buat blog baru untuk tes template

Sebelum memasang template ke blog yang Anda gunakan, tidak ada salahnya Anda membuat sebuah blog lainnya yang fungsi khususya seagai pengetesan template yang akan Anda gunakan, untuk memastikan kondisi real dari pemasangan template tersebut apakah sudah pas atau belum.

Buatlah sebuah blog baru terlebih dahulu, kemudian isi beberapa konten artikel, lalu Anda bisa menilai tampilan dan kualitas dari template tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum melakukan penggantian template pada blog Anda. Penggantian template pun sebaiknya jangan terlalu sering, Karena hal tersebut akan memaksa pengunjung untuk beradaptasi kembali dengan tampilan halaman blog milik kita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *