Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Tips aman internetan di komputer umum

Berbicara mengenai dunia maya memang tidak akan ada habisnya dengan masalah keamanan.

Sayangnya tidak semua orang menganggap hal tersebut penting, entah karena ketidaktahuan atau alasan lainnya yang akhirnya menyebabkan untuk mengabaikan masalah keamanan tersebut.

Tapi hal itu akan berakibat fatal jika kita sudah terkena dampaknya, seperti misalnya salah satu akun email kita berhasil di kuasai oleh orang lain.

Segala hal yang berhubungan dengan akun email tersebut otomatis juga akan dikuasai oleh si pelaku, seperti akun media sosial, akun paypal misalnya atau akun lainnya yang terdaftar di alamat email itu sendiri.

Hal tersebut karena akun email adalah kunci dari beragam jenis akun lainnya yang bertebaran di dunia maya.

Apalagi jika email tersebut tidak memiliki proteksi tambahan seperti autentifikasi ke nomor ponsel misalnya, yang akan memberikan proteksi tamabahan dengan cara email tidak akan bisa di akses tanpa autentifikasi kode yang dikirim ke ponsel tersebut.

Meskipun demikian, untuk menghindari masalah-masalah keamanan yang muncul di internet saat kita berselancar menggunakan fasilitas umum seperti di warnet.

Kita masih bisa mengantisipasinya dengan beberapa tips di bawah ini.

Berikut beberapa tips bermain internetan secara aman di tempat umum.

1. Pastikan tidak ada keylogger terpasang di port usb keyboard.

Keylogger sebenarnya salah satu cara lama yang digunakan untuk mencuri data pada sebuah komputer.

meskipun terbilang tekniknya cukup tua, tetapi tetap saja efektif di gunakan hingga saat ini apalagi bagi orang yang awam akan hal tersebut.

Cara kerja dari keylogger pun cukup sederhana, yaitu merekam segala sesuatu yang diketikkan di papan keyboard.

Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan pengetikkan fisik keyboard akan tersimpan di keylogger.

Walaupun hanya mencatat kegiatan dari aktifitas keyboard saja, aplikasi ini bisa mendapatkan seluruh informasi yang Anda ketikkan melalui papan keyboard.

Bentuk fisik dari keylogger juga sangat seimpel, kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Posisi pemasangan keylogger ini, dipasang di antara colokan keyboard dan port usb pada sebuah pc.

2. Jangan pernah gunakan fitur Simpan password pada web browser.

Fitur ini tentu sangat bermanfaat jika kita menggunakan komputer pribadi yang kita miliki, namun akan sangat fatal akibatnya jika di gunakan pada komputer umum jika di deteksi oleh orang-orang yang berniat kurang baik.

Contohnya saja jika kita membuka web yang menggunakan sistem login dan mengetikkan username dan password pada web browser seperti mozilla firefox ataupun Google Chrome.

Password yang kita ketikkan tersebut, bisa dengan mudah dilacak isinya jika menggunakan fitur Simpan password tersebut.

Lokasi dari penyimpanan password tersebut pun cukup mudah ditemukan tanpa adanya enkripsi apapun dan semua orang bisa bebas mengakses lokasi tersebut.

3. Gunakan On Screen keyboard untuk hal-hal yang bersifat sensitif seperti password dan username.

Kita bisa menggunakan fasilitas On Screen keyboard yang tersedia pada bawaan system operasi windows untuk mengetikkan hal-hal yang sifatnya privasi.

Karena Keylogger tidak akan merekam apa yang kita klik menggunakan mouse pada aplikasi on screen keyboard.

Tapi Anda harus memastikan kondisi sekeliling agar password yang Anda ketikkan tidak dilihat oleh orang lain.

4. Pastikan web Browser bersih dari malware.

Untuk hal yang satu ini memang di butuhkan sedikit kecermatan dan pengetahuan untuk membedakan mana web browser yang sudah tercemar malware dan mana web browser yang belum tercemar.

Namun Anda masih bisa mengetahuinya seperti misalnya saat kita membuka web browser lalu sering keluar pop up terus menerus hal tersebut biasanya sudah tercemar oleh malware.

Jika bisa dihindari, sebaiknya tidak usah menggunakan komputer yang sudah terinfeksi malware tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan pc tersebut sudah terinfeksi sejenis malware.

5. Selalu bersihkan rekam jejak History.

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan memastikan bahwa kita sudah menghapus seluruh history ataupun cache yang tersimpan di web browser.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rekam jejak penelusuran dan hal-hal privasi seperti username dan password pada web browser tersebut.

Silahkan Anda centang semua bagian pada sistem penghapusan history tersebut untuk memastikan web browser bersih dan kosong seperti sedia kala sebelum kita gunakan.

Itulah beberapa tips dasar saat berinternetan menggunakan fasilitas komputer umum. Sebenarnya masih banyak lagi tips yang bisa kita lakukan selain tips tersebut.

Walaupun artikel di atas hanya dasarnya, setidaknya kita bisa tahu kurang lebihnya dari bahaya dunia maya yang perlu kita waspadai dan cara mengatasinya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *