Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Monitoring down website dengan uptime Robot

Uptime robot adalah sebuah sistem yang bisa membantu kita dalam melakukan monitoring sebuah website. Maksud dari monitoring disini adalah mengetahui kondisi website yang kita kelola dalam kondisi normal atau sedang down.

Bagi pemilik sebuah website, kondisi down pada website pasti akan sangat mengganggu. Sedangkan website kita seharusnya terus beroperasi 24 jam, namun kita tidak mungkin terus mengawasi trafik dari web tersebut terus menerus.

Nah, disinilah manfaat dari Uptime Robot ini. Sistem tersebut akan terus memonitoring dan mengirimkan laporan ke email kita secara otomatis sesuai dengan tenggang waktu yang sudah kita setting di sistem Uptime Robot ini.

Saya rasa bagi seorang pengembang web atau pemilik web, sebaiknya menggunakan fasilitas dari Uptime Robot ini karena akan sangat membantu kita dalam mengawasi kondisi lalu lintas jaringan website. Selain itu fasilitas tersebut  juga di sedikan secara gratis.

Tetapi jika kita tidak puas dengan fitur gratisnya, kita masih bisa menggunakan fitur Pro nya dengan biaya $4.5 per bulan. Dengan beberapa fitur tambahan seperti 10 “Pro SMS” messages, 12 months of logs, Advanced notifications (alert once or every “x” minutes if down for “y” minutes)

Untuk membandingkan fitur keduanya silahkan lihat di tabel di bawah ini.

Jika berminat untuk menggunakan fasilitas dari Uptime Robot. Silahkan kunjungi link nya DISINI. setelah itu daftar terlebih dahulu dengan mengklik Sign-up atau Start Monitoring (in 30 secs) jika belum mempunyai akun di Uptime Robot.

Kemudian masukkan Nama, Email dan juga password yang akan di gunakan sebagai akses login ke web tersebut.

Jika sudah melakukan registrasi, langkah selanjutnya adalah aktivasi. Silahkan buka aktivasinya pada email yang sudah dikirimkan sesuai dengan alamat email yang sudah kita daftarkan tadi.

Klik Link yang sudah terkirim di folder Inbox (Atau cek spam jika di inbox tidak tersedia)

Jika sudah sampai tahapan ini, berarti registrasi yang kita lakukan sudah berhasil.

Tahap selanjutnya, kemudian lakukan login menggunakan username dan password yang sudah kita daftarkan, Beginilah tampilan awal pada saat masuk ke halaman dashboard Uptime Robot. Setelah itu, silahkan klik Add New Monitor.

Silahkan masukkan data sesuai dengan yang ingin kita monitoring. Ubah posisi Monitor Type ke “HTTP(s)” kemudian masukkan detail lainnya sesuai dengan contoh gambar di bawah ini.

Monitor Type : HTTP(s)

Friendly Name : (Masukkan nama yang akan di gunakan untuk monitoring website)

URL : (Masukkan link alamat website)

Monitoring Interval : (Masukkan jarak waktu yang digunakan dalam monitoring website tersebut)

Jika sudah melakukan semua konfigurasi, kita sudah bisa mendapatkan fasilitas pelaporan pada saat website mengalami kondisi down atau pada saat kondisi website kembali ke posisi UP melalui email yang sudah kita daftarkan. Berikut adalah tampilan dashboard tersebut (Data masih kosong karena belum ada pelaporan).

Untuk melakukan perubahan konfigurasi yang sudah kita lakukan, silahkan klik ikon roda gerigi yang ada di pojok kanan atas nama website yang kita kelola.

Kita masih bisa merubah detail konfigurasi dengaan masuk ke dalam menu Edit, kemudian silahkan lakukan konfigurasi jika terdapat settingan yang kurang pas.

Itulah salah satu aplikasi web yang bisa kita manfaatkan secara gratis untuk memonitoring kondisi dari website milik kita, Silahkan di coba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *