Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Mengenal interface pada corel draw

Corel draw merupakan salah satu aplikasi populer yang di gunakan untuk menggambar vektor.

Corel draw sendiri dirilis pertama kali pada tahun 1989 dengan beberapa versi yang telah diupdate hingga saat ini (Versi terupdate saat ini adalah versi 8).

Coreldraw ini juga di dukung oleh komunitas yang cukup banyak di dunia maya, sehingga bagi kita yang ingin memperdalam atau mempelajarinya menjadi lebih mudah.

Salah satu alamat web yang bisa Anda kunjungi sebagai bahan referensi adalah halaman http://coreldraw.com.

Bagi yang akan memulai belajar coreldraw, tidak ada salahnya berkenalan dengan antarmuka atau interface yang terdapat di halaman corel draw terlebih dahulu untuk mempermudah kita dalam mempelajari tingkatan selanjutnya.

Mengenal interface pada corel drawInterface antarmuka pada coreldraw X6

Seperti pada gambar di atas. halaman interface coreldraw sendiri terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing, di antaranya adalah :

1. Menu Bar : Bar yang berisi menu – menu utama pada coreldraw.

2. Tool Bar : Bar yang berisi icon shortcut sebagai jalan pintas untuk mengakses menu menu yang sering kita gunakan.

3. Property Bar : Bar yang berisi icon denga fungsi untuk melakukan pengaturan pengaturan terhadap halaman maupun menampilkan tool yang sedang aktif.

4. ToolBox : Bar yang berisi tool-tool untuk membuat, mewarnai dan memberi berbagai macam efek gambar.

5. Rulers : Merupakan garis bantu pada halaman kerja yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pembuatan gambar.

6. Palet warna : Merupakan wadah berbagai warna yang bisa kita gunakan untuk mewarnai objek yang akan kita buat. secara default, palet warna pada corel adalah CMYK palette.

7. Docker : Sidebar yang berisi menu – menu lebih komplek / detail mengenai tool yang sedang digunakan ( propertinya ).

8. Area Kerja : Merupakan area utama atau kanvas yang kita gunakan dalam menggambar suatu objek

9. Fill color : Digunakan untuk akses ke pewarnaan objek secara cepat dan menampilkan informasi warna yang sedang digunakan dalam sebuah objek yang aktif.

10. Outline Colour : Digunakan untuk akses yang lebih cepat ke pewarnaan garis tepi (Outline) suatu objek dan menampilkan informasi tentang warna yang digunakan pada garis tepi objek yang sedang aktif.

Itulah beberapa point dasar yang terdapat pada lingkungan interface corel draw x6 khususnya. Untuk versi lainnya kurang lebih sama saja, kemungkinan hanya terdapat beberapa perbedaan tetapi tidak terlalu mencolok.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *