Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Memasarkan produk secara online bagus lewat marketplace atau web sendiri

Pemasaran produk dengan target yang lebih luas tentu menjadi tujuan utama dari proses penjualan suatu produk.

Apalagi saat ini, dengan perkembangan dunia internet dan mulai meningkatnya kepercayaan pembeli via online, Menjadikan penjualan barang via online semakin penting untuk memaksimalkan penghasilan.

Memasarkan produk secara online bagus lewat marketplace atau web sendiri

Mungkin pernah terpikir di benak Anda, berjualan secara online lebih baik menggunakan Marketplace atau website sendiri ?

Hal tersebut tentu kembali dari kebutuhan dan modal yang Anda miliki. Di samping itu, Anda juga bisa memadukan keduan untuk melakukan pemasaran pada produk yang Anda miliki.

Tetapi Jika Anda tetap ingin membandingakan atau memilih salah satu saja, saya akan berikan gambaran perbandingan antara keduanya.

#1. Pemasaran via Marketplace.

Apa sih yang di maksud dengan Marketplace ? Marketplace atau dalam bahasa Indonesianya bisa di artikan berjualan sesuatu via online atau pasar online, Lalu situs apa saja yang termasuk ke dalam Marketplace ?

Sebelum membahas situsnya kita akan bahas dulu cara kerja dari Marketplace tersebut.

Marketplace bekerja dengan sistem mempertemukan penjual dan pembeli melalui sebuah wadah web seperti :

  1. Tokopedia
  2. Lazada
  3. Bukalapak
  4. Elevania dan lain sebagainya.

Hal ini tentu berbeda dengan Zalora, blibli atau toko bagus. Letak perbedaannya dimana ? Tentu saja di cara kerjanya. Zalora, blibli dan toko bagus sudah mempunyai produk sendiri yang di pasarkan kepada pembeli, sedangkan ke empat marketplace di atas bekerja dengan sistem mempertemukan pembeli dan penjual saja. Jadi Marketplace hanya berperan sebagai perantara saja.

Pemasaran melalui Marketplace tentu memiliki kekurangan dan kelebihan.

Beberapa kelebihan dari penggunaan Marketplace

+ Target lebih luas karena Marketplace biasanya sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat dan sering di kunjungi, tinggal tunggu nasib saja, dagangan kita dikunjungi atau tidak oleh pengunjung.

+ Tidak membutuhkan modal sama sekali, karena Anda hanya perlu mendaftar dan melakukan penjualan barang secara gratis.

+ Sistem pembayaran via online, karena biasanya pihak pengembang menyediakan fasilitas pemilihan sistem pembayaran melalui beberapa pilihan termasuk pembayaran via online.

+ Tersedianya pilihan barang yang cukup banyak, sehingga membuat daya tarik pengunjung menjadi meningkat.

Kekurangan Marketplace

– Terlalu banyak saingan yang membuat rasio pengunjung menjadi semakin keci

– Terkadang terdapat pemasangan iklan yang salah tempat dan tidak sesuai dengan aturan.

-Untuk kekuatan branding dari usaha yang kita jalankan tidak sekuat jika menggunakan website sendiri.

Lalu bagaimana perbandingannya dengan pemasaran yang menggunakan website sendiri ?

#2. Pemasaran via Website.

Untuk memasarkan barang atau produk menggunakan website ini tidak bisa gratis seperti menggunakan Marketplace.

Mungkin Anda bisa menggunakan blogspot atau wordpress gratisan tanpa modal sama sekali, tetapi Hal tersebut tidak akan terlalu efektif di bandingkan menggunakan website yang menggunakan modal.

Terkadang juga di butuhkan modal yang tidak sedikit dan pengetahuan dalam peningkatan penjualan melalui website sendiri.

Anda harus bisa membangun trafik, brand, dan kepercayaan terlebih dahulu kepada pengunjung sebelum website yang Anda kelola bisa berjalan dengan baik.

Coba saja Anda buka web jualan online untuk pertamakalinya, misalkan membuat web dengan alamat namatokoku.com dan bandingkan dengan tokopedia. Pengunjung pasti lebih memilih tokopedia ?

Kenapa demikian ? Di samping toko yang Anda bangun belum memenuhi syarat dari masalah dasar pada website seperti masalah trafik, image brand dan kepercayaan pengunjung, Website tersebut tentu akan sepi pembeli.

Tetapi jika Anda memang benar-benar berniat menggunakan Website sendiri untuk membangun toko online, setidaknya Anda akan memiliki banyak keuntungan seperti berikut ini.

Beberapa kelebihan dari penggunaan Website sendiri

+ Bisa membuat branding sendiri pada usaha yang Anda jalankan.

+ Anda memiliki kontrol penuh atas website yang Anda bangun.

+Tidak adanya saingan pada produk dan harga  barang yang anda jual pada website tersebut.

+Jika sudah memiliki tingkat trafik, branding dan kepercayaan yang tinggi, Situs toko Anda akan sering di kunjungi oleh pengunjung dan lebih mudah di temukan.

Kekurangan menggunakan Website sendiri

-Butuh modal yang tidak sedikit untuk membuat website sendiri untuk memenuhi standar dari fitur website jual beli.

-Di butuhkan trafik terlebih dahulu untuk memperkenalkan website Anda, dan biasanya butuh waktu lama, Jika memasarkan website melalui iklan seperti facebook Ads, atau Google Ads, tentu akan menambah biaya pengeluaran.

-Di butuhkan minimal pemahaman perawatan dan konfigurasi pada website, disamping masalah peningkatan trafik, Anda juga harus siap untuk memaintenance masalah keaman website, karena website tersebut tentu saja menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

-Dibutuhkan waktu untuk meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan.

– Harus bersaing dengan website besar sejenis toko online.

– Kadang terlalu banyak pengunjung yang hanya sekedar bertanya tanpa membli produk yang kita jual.

Dari beberapa kesimpulan di atas, mungkin Anda bisa memilih mau memasarkan produk melalui Marketplace atau website sendiri.

Jika belum memiliki modal, mungkin Anda bisa memanfaatkan fasilitas dari Marketplace atau menggunakan Media sosial untuk pemasaran produk seperti Facebook, Instagram dll secara gratis. Intinya harus ada kepercayaan terlebih dahulu dari para calon pembeli produk yang Anda pasarkan.

Tetapi jika sudah memiliki modal dan pengetahuan yang cukup, Kini saatnya Anda membangun website sendiri untuk melakukan penjualan produk yang Anda pasarkan secara lebih profesional dan branding sendiri.

Jika sudah membangun website sendiri tentu Anda tetap bisa memasarkan melalui Marketplace dan via media sosial untuk peningkatan jangkauan konsumen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *