Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Mau upgrade laptop atau beli baru ?

Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga menuntut kemampuan dari hardware yang lebih mumpuni pada sebuah komputer ataupun laptop.

Tidak jarang sebuah aplikasi membutuhkan spesifikasi yang cukup besar untuk bisa menjalankannya secara lancar.

Biasanya aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi adalah aplikasi yang berkaitan dengan multimedia, entah itu pengolah gambar, grafis, video ataupun game.

Lalu masih mampukah laptop kita menghadapi permasalahan tersebut ? apakah sebaiknya kita mengupgrade laptop saja atau membeli laptop baru ?

Pilihannya tentu saja ada di tangan Anda, apakah mau upgrade laptop saja atau membeli baru. Tetapi Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut dengan menilai point-point di bawah ini.

#1. Upgrade laptop

Mengapa Anda hanya perlu mengupgrade laptop saja ?

Selain pertimbangan masalah biaya yang tidak sebesar mengganti dengan laptop yang baru, hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah penyesuaian dengan kebutuhan Anda sendiri.

Coba Anda amati terlebih dahulu, kira – kira seberapa besarkah kebutuhan yang harus dimiliki pada laptop Anda saat ini untuk menjalankan aplikasi yang berat tersebut ?

Jika perkiraan dengan menambah RAM atau komponen tertentu saja sudah cukup, maka kita tidak perlu membeli laptop baru.

Silahkan Anda bandingkan antara spesifikasi minimum dari aplikasi tersebut dengan spesifikasi yang di miliki oleh laptop Anda saat ini.

Jika sekiranya masih bisa di atasi, lebih baik kita hanya mengupgrade laptop saja di bandingkan membeli baru.

Lalu perhatikan juga kondisi dari laptop, apakah masih normal atau sudah banyak kerusakan yang terjadi ?

Jika sekiranya sudah cukup banyak, silahkan Anda bandingkan masalah biayanya, kira-kira biaya perbaikan dan pengupgradean laptop tersebut akan lebih tinggi atau tidak di bandingkan dengan membeli laptop baru.

Mungkin hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengupgrade laptop saja di bandingkan dengan membeli yang baru.

#2. Membeli laptop baru

Jika solusi dari pengupgradean dirasa tidak memenuhi kebutuhan Anda, maka jalan satu – satunya adalah membeli laptop baru.

Meskipun laptop masih bisa di upgrade, tetapi tidak semua komponennya bisa kita upgrade.

Selain itu, tentu saja proses pengupgradean tidak akan sefleksibel melakukan upgrade pada komponen PC.

Karena pada laptop hanya beberapa komponen saja yang bisa di upgrade. Seperti misalnya RAM dan Harddisk. bagaimana dengan processor dan VGA ?

Untuk processor tidak semua laptop support untuk di upgrade, hanya beberapa seri saja yang menyediakan fasilitas tersebut. Jadi jika laptop Anda memang tidak memiliki fitur untuk pengupgradean processor, maka jangan harap untuk bisa mengupgrade processor tersebut.

Lalu dengan VGA bagaimana ?

Anda tidak akan bisa mengupgrade VGA yang terdapat pada laptop seperti halnya processor, kecuali Anda menambahkan VGA dengan menggunakan Graphic card external.

Tentu saja Anda tidak bisa memasangnya menyatu dengan body laptop. Anda bisa memasang VGA tambahan tersebut dengan bantuan PCI adapter.

Kadang juga di butuhkakan power supply untuk membantu penyuplaian arus pada vga card tersebut.

Hal tersebut tentu juga akan membuat fungsi dari kefleksibelan laptop menjadi hilang.

Apalagi pada laptop keluaran baru, model pada Baterai dan RAM mulai menerapkan sistem tanam. yang berarti Anda tidak bisa secara bebas melakukan bongkar pasang seperti pada laptop model lama.

Namun biasanya untuk masalah RAM masih di sediakan satu slot untuk penggantian maupun upgrade RAM.

Jika Anda ingin membeli laptop baru, silahkan baca juga pertimbangannya di artikel BEBERAPA TIPS PANDUAN SEBELUM MEMBELI LAPTOP BARU.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *