Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Malware Gooligan infeksi 1 juta perangkat Android

Sebuah Malware tipe baru telah menginfeksi beberapa perangkat android saat ini. Malware ini setidaknya telah berhasil menginfeksi sekitar satu juta perangkat Android.

Bahkan malware dengan nama Gooligan ini bekerja langsung untuk menyerang bagian root pada perangkat Android, sehingga memberikan akses kontrol penuh kepada peretas pemilik malware tersebut.

Untuk versi android dengan OS Jelly Bean, kitkat, ataupun Lolipop sekalipun beresiko terinfeksi malware tersebut.

Menurut informasi yang ditemukan oleh perusahaan keamanan Check Point Software Technologi, Gooligan pertama kali muncul pada bulan Agustus. Sejak saat itu malware tersebut menjalar ke satu juta perangkat Android dan menginfeksi sekitar 13.000 perangkat setiap hari.

Gooligan ini bisa ditemukan setidaknya pada sekitar 86 aplikasi Android yang berasal dari Market pihak ketiga, bahkan biasanya akan menular ke perangkat Android ketika kita mencoba mengklik link yang berbahaya tanpa kita ketahui.

Setelah aplikasi yang sudah tertanam malware tersebut secara tidak sengaja terinstal di perangkat Android, Gooligan ini akan secara otomatis merooting kedalam sistem sehingga mendapat akses penuh dan menjadi sumber akar malapetaka dari perangkat Android tersebut.

Setelah perangkat yang kita miliki berhasil di rooting oleh Gooligan, malware tersebut akan secara otomatis mendownload dan menginstall perangkat lunak yang mampu menembus otentifikasi token perangkat yang biasanya di gunakan untuk mengakses layanan produk google.

Beberapa layanan yang beresiko terkena dampaknya adalah Gmail, Google Drive, Foto Google, Google Docs, dan lain sebagainya.

Gooligan bisa meningkatkan nilai Rating di Google Play.

Pembuat malware Gooligan bisa menggunakan malware tersebut untuk tujuan yang berbeda, termasuk mengakses data pribadi yang kita miliki.

Namun, sepertinya mereka menggunakan malware tersebut untuk mengakali sistem rating yang terdapat pada sebuah aplikasi di Google Play dengan cara mendownload aplikasi dan meninggalkan rating bintang 5 dalam rangka meningkatkan peringkat dari aplikasi tersebut.

Namun apa keuntungan yang bisa didapatkannya? tentu saja masalah uang. Karena proses ini bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Insinyur keamanan perangkat Android Adrian Ludwig juga menjelaskan :

Kita sudah melakukan banyak tindakan untuk memproteksi pelanggan kita dan meningkatkan kemanan ekosistem perangkat Android secara keseluruhan. Termasuk mencabut token pengguna AKun Google yang sudah terinfeksi, memberikan mereka instruksi yang jelas agar bisa menggunakan kembali layanan dengan lebih aman, menghilangkan aplikasi yang sudah terinfeksi, Tetap melakukan Verifikasi perbaikan aplikasi dimasa yang akan datang dan bekerjasama dengan provider ISP untuk menghilangkan malware ini secara keseluruhan.

Jika Anda menggunakan perangkat Android dengan Sistem Operasi di bawah Android 6.0 (Marsmallow) sebaiknya melakukan 2 cara untuk mewaspadai infeksi dari malware tersebut.

Yang pertama adalah menggunakan Check Point tool untuk memeriksa kondisi dari akun Google yang kamu miliki apakah sudah terinfeksi atau belum. Atau dengan cara kedua yaitu melihat daftar aplikasi palsu yang terinfeksi oleh Malware Gooligan untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak menginstal aplikasi tersebut. Silahkan di coba tips tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *