Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Inilah alasan kenapa Anda harus melakukan perawatan hardware PC secara rutin

Sirkulasi udara pada hardware PC sangat di butuhkan. Udara yang tidak lancar ini bisa menyebabkan overheating pada perangkat tersebut.

Hal-hal yang mengakibatkan terganggunya kinerja Pada PC sebenarnya juga sangat sepele, yaitu di akibatkan oleh debu yang melekat pada bagian dalam PC tersebut.

Maka dari itu, pembersihan komponen pada pc untuk perawatan dari sisi hardware juga perlu di lakukan. Anda bisa melakukan perawatan tersebut secara berkala agar komponen hardware memiliki lifetime yang lebih lama dan awet.

Kendala apa saja yang akan kita temukan jika kita tidak rutin merawat kondisi hardware pada PC ?

#1. Overheating pada pc.

Overheating ini di sebabkan oleh kurangnya pendinginan yang terjadi di dalam PC tersebut. Biasanya di sebabkan oleh debu yang menumpuk dan sarang laba-laba.

Jika terlalu lama PC tidak di bersihkan, maka debu yang menyumbat bisa membuat pendinginan berkurang, karena kurangnya sirkulasi udara dan kondisi kipas pendingin yang tersumbat baik pada pendingin processor maupun power supply.

Hal tersebut tentu akan mempengaruhi komponen-komponen yang berada di dalam PC tersebut.

#2. Pc terasa lambat dan berat

Pernah merasakan performa PC semakin lama semakin menurun ? di samping banyaknya aplikasi yang tersimpan, faktor dari hardware juga berpengaruh terhadap kinerja komputer.

PC yang tidak di bersihkan sama sekali, biasanya akan semakin lambat dengan berjalannya waktu. Jika di biarkan juga akan merusak ketahanan dari hardware PC tersebut.

#3. Umur hardware lebih pendek

Berdasarkan alasan-alasan di atas, kurangnya maintenance pada PC tentu saja akan berefek kepada umur hardware yang lebih pendek daripada kondisi PC yang sering di rawat.

Hal ini akan berpengaruh ke biaya perbaikan yang lebih besar lagi jika terdapat perangkat yang tidak bisa di perbaiki dan harus di ganti.

#4. PC sering mati tiba-tiba

Jika sering mengalami kondisi PC yang mati tiba-tiba, maka kita wajib mencurigai adanya ketidakberesan pada perangkat hardware.

Hal ini terjadi jika sudah terjadi overheating yang cukup parah dan menyebabkan beberapa hardware terganggu.

Selain bisa menyebabkan PC yang mati secara tiba-tiba, biasanya gejala lain yang muncul adalah proses aplikasi yang sering hang pada pc tersebut.

Lalu apa saja perawatan yang bisa Anda lakukan pada hardware PC ?

#1. Melakukan pembersihan pada komponen hardware.

Untuk membersihkan komponen pada hardware tersebut, Anda bisa menggunakan kompresor, penyedot debu khusus (mini vacum cleaner), atau menggunakan kuas cat biasa.

Kompresor Angin
Kuas Cat
Mini vacum cleaner

Untuk skala Perusahaan mungkin kita masih bisa menggunakan kompresor, karena biasanya kita tidak memiliki kompresor untuk skala perumahan, namun untuk penggunaaa mini vacum cleaner atau kuas masih bisa di mungkinkan.

Tetapi biaya yang paling murah adalah menggunakan kuas, walaupun terkadang hasil yang di dapatkan tidak sebersih menggunakan kompresor.

Jika membersihkan menggunakan kompresor, harap berhati-hati dengan air yang kadang masih terdapat pada angin kompresor tersebut.

Pastikan udara benar-benar kering dan gunakan jarak tembak secukupnya jangan terlalu dekat, karena tekanan udara kompresor cukup tinggi.

Untuk daerah yang cukup berdebu, usahakan membersihkan PC minimal 1 tahun sekali, dan kondisikan dengan lingkungan sekitar.

Biasanya PC yang di letakkan di lantai lebih cepat berdebu di bandingkan yang di letakkan di atas meja.

#2. Lumasi dengan pasta pendingin processor (Thermal pasta).

Kondisi PC yang lambat juga di sebabkan kurang maksimalnya proses pendinginan pada processor.

Kita bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara mengganti Thermal pasta yang lama dengan yang baru. Alat apa saja yang di butuhkan ?

  1. Thermal pasta
  2. Obeng ( untuk membuka casing komputer )
  3. Kain lap halus ( membersihkan bekas pasta lama dengan alkohol )
  4. Bekas kartu sim card (optional)
  5. Alkohol 70%
Alkohol
Kain lap halus
Kartu sim card
Obeng
Thermal pasta

Bagaimana caranya ?

Silahkan Matikan dan lepaskan kontak arus listrik pada PC, kemudian buka casing PC.

Setelah itu, buka heatsink (kipas pendingin processor) lalu bersihkan menggunakan alkohol dan kain halus.

Setelah bersih, silahkan oleskan Thermal pasta secukupnya dan ratakan menggunakan bekas kartu simcard.

Pasang kembali heatsink kipas pada processor tersebut, dan pastikan pemasangan telah sempurna untuk memaksimalkan pendinginan dan menghindari kerusakan processor.

Selain itu, Jika memungkinkan lebih baik Anda menyiapkan UPS untuk menstabilkan arus yang masuk ke dalam PC dan mengantisipasi PC mati secara tiba-tiba jika arus terputus.

Meskipun sedikit tergolong mahal, tetapi efek yang di hasilkan sebanding dengan biaya yang kita keluarkan.

Apalagi jika PC yang Anda gunakan adalah Medium Class ke atas, akan sangat di sayangkan umur PC menjadi lebih pendek akibat arus listrik yang tidak stabil.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *