Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Cara menggunakan mockup photosop

Mockup ini biasanya di gunakan untuk mempercantik presentasi dari desain yang telah kita buat sehingga menjadi lebih realistis lagi.

Fungsinya adalah sebagai simulasi kondisi akhir jika desain kita di terapkan pada kondisi nyatanya.

Contoh Anda membuat desain business card, kemudian ingin melihat hasil realistik dari desain yang Anda buat jika telah di ubah menjadi barang realistisnya.

Maka Anda bisa menggunakan mockup untuk mensimulasikannya.

Bagaimana cara menggunakannya ?

Pertama-tama, silahkan Anda download terlebih dahulu mockup yang ingin Anda gunakan (silahkan download tema mockup sesuai dengan desain yang akan Anda simulasikan).

Pada contoh di bawah ini, saya akan mencoba menggunakan mockup untuk desain business card.

Jika file mockup yang Anda inginkan sudah di download, silahkan buka file mockup tersebut ke aplikasi Adobe photosop.

Kemudian lihat pada bagian Layers, cari layer Smart object (1) dari layer tersebut.

(terdapat icon kecil seperti pada gambar yang di tunjuk dengan angka 1, klik icon tersebut 2x hingga muncul notifikasi seperti berikut, kemudian tekan OK (2)).

Maka akan keluar dokumen baru tepat di samping dokumen awal (1).

Setelah itu, silahkan buka desain yang akan Anda tempatkan pada layer tersebut dengan cara membuka menu File > Open… > pilih lokasi file desain yang Anda simpan.

Kemudian klik 2x pada layer desain Anda yang masih terkunci ( ada gambar icon gembok terkunci ) (1), lalu klik Ok pada notifikasi yang muncul (2).

Kemudian gunakan move tool untuk memindahkan gambar (3), drag atau tarik desain anda ke dokumen di sebelahnya (4) dengan cara mengklik kanan tahan pada gambar desain lalu tarik ke dokumen di sebelah kirinya.

Setelah gambar berhasil di pindahkan, sesuaikan ukuran gambar dengan backgound pada template.

Gunakan CTRL + T untuk memperbesar atau menyesuaikan ukutan dengan background, kemudian klik Apply pada notifikasi yang muncul (1).

Setelah itu silahkan matikan layer 6 seperti pada gambar di bawah ini dengan cara mengklik icon view (mata) yang berada tepat di sebelah kirinya (2) atau Anda tidak perlu mematikan layer tersebut jika Anda sudah meletakkan layer gambar (layer 7) yang Anda gunakan tepat di atas layer 6 tersebut.

Kemudian langkah terakhir adalah mengklik CTRL + S untuk menyimpan perubahan dokumen.

Sekarang lihat ke dokumen paling awal, gambar pada mockup pun berubah dengan desain yang telah kita buat.

Itulah cara sederhana untuk menggunakan mockup pada photosop, mockup ini bisa Anda gunakan untuk presentasi kepada klien maupun sebagai portofolio desain Anda agar lebih menarik lagi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *