Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Cara mengecek status koneksi jaringan pada sistem operasi Windows

Melakukan pengecekan koneksi jaringan pada windows bisa dilakukan dengan menggunakan command prompt (cmd) yaitu dengan cara sebagai berikut :

1. Buka command prompt dari start windows > search > ketik cmd.

2. Ketikkan ping (alamat ip atau domain) atau ping (alamat ip atau domain) -t > Enter.

3. Maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini.

Penjelasan :

PING : merupakan singkatan packet internet gropper, cara kerjanya adalah mengirim paket ke alamat yang di tuju untuk mengetahui kualitas dari koneksi.

IP atau Domain : alamat yang akan kita kirimi paket untuk mengetahui kualitas koneksi. contoh ping 192.168.180.2 atau ping google.com.

– t : berfungsi agar pengiriman paket dilakukan terus menerus sampai di hentikan (defaultnya jika tanpa -t adalah 4 paket).

Note : Untuk menghentikan proses pengiriman paket pada command prompt silahkan tekan ctrl+c.

Reply : artinya kita mendapatkan balasan ( jaringan terkoneksi ).

216.58.196.206 : pada contoh di atas, angka tersebut adalah balasan dari dns google (alamat yang kita cek koneksinya), bisa juga di ganti menjadi alamat ip : contoh kita ingin mengetes koneksi antar pc dengan memasukkan ip 192.168.0.22 (tergantung alamat ip pada pc yang akan kita cek koneksinya).

bytes=32 : data yang dikirimkan berukuran 32 bytes (buffer default windows). bisa di rubah dengan memberikan tambahan -l . contoh : ping google.com -l 16. (min L (spasi) 16).

time = … ms : ketersediaan bandwidth yang di sediakan oleh paket PING (semakin besar nilainya kualitas jaringan semakin buruk, semakin kecil nilainya maka kualitas jaringan semakin baik) di sinilah kita bisa menilai kualitas dari jaringan yang kita miliki.

TTL=52 : TTL merupakan singkatan time to live, yaitu waktu maksimum dari komputer saat mereplay/membalas paket ICMP (internet control message protocol : yaitu protokol yang bertugas mengirimkan pesan kesalahan dan kondisi lain yang membutuhkan perhatian khusus) di sebut juga latency/delay.

Jenis balasan yang biasanya di peroleh pada perintah ping :

Reply : jaringan terhubung

RTO ( request timed out) : mengenal adanya jaringan tetapi tidak mengenali alamat tujuan dalam waktu yang di berikan. (intinya tidak bisa terhubung dalam waktu yang di berikan). jika dalam koneksi jaringan biasanya pada balasan reply terdapat RTO sekali – sekali tidak terlalu pengaruh pada terputusnya jaringan (tidak apa-apa), tetapi jika sering, maka artinya jaringan sedang dalam kondisi buruk.

Destination Host Unreachabel : artinya adalah biasanya terjadi kerusakan fisik (pada NIC) pada user yang melakukan ping atau alamat tujuan di halangi oleh firewall. untuk mengatasinya bisa mematikan firewall pada komputer alamat yang di tuju.

Untuk melakukan eksplore pada perintah cmd : gunakan perintah : ping /? pada cmd.

Itulah beberapa cara dasar yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengetesan pada koneksi jaringan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *