Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Cara mengecek kondisi power supply dengan jumper

Power supply adalah salah satu komponen pada komputer yang berfungsi sebagai pengantar arus listrik utama yang di bagikan ke komponen-komponen lainnya pada komputer seperti mainboard, kipas fan, Harddisk dan komponen lainnya dengan cara merubah arus searah AC (PLN) ke arus bolak-balik DC yang di salurkan ke perangkat tersebut.

Selain itu power supply juga berfungsi untuk menstabilkan arus listrik sebelum di alirkan ke komponen komputer yang membutuhkan.

Jika Power supply mengalami kerusakan, maka dapat di pastikan seluruh komponen pendukung lainnya juga tidak akan dapat berfungsi.

Contohnya saja ketika Anda menekan tombol power berkali-kali tetapi komputer tidak mau menyala, hal ini biasanya di sebabkan adanya gagal fungsi pada perangkat Power supply yang bertugas mengantar dan membagikan arus listrik pada komponen internal komputer.

Tetapi tidak selamanya kejadian tersebut di sebabkan oleh power supply saja, komponen lain pun tetap bisa saja menjadi sebab komputer tidak dapat di hidupkan.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kita melakukan pengecekan terlebih dahulu mulai dari power supply. Jika power supply tidak ada masalah, kita bisa melanjutkan untuk melakukan pengecekkan pada komponen lainnya.

Untuk memulai pengecekkan gangguan arus listrik pada komputer tersebut, kita bisa memulai dari Stop kontak ( Pastikan stop kontak normal dan arus cukup untuk menjalankan komputer ) > Kabel Power > Power supply.

Jenis Power Supply

Sebelum melakukan pengecekkan pada power supply, perlu di pahami bahwa power supply terdiri dari dua jenis. Yaitu Power supply jenis ATX (Advanced technology eXtended / versi terbaru)  dan AT (Advanced technology / versi lama).

Jenis AT biasanya di gunakan pada komputer lawas (pentium 1, 2, dan 3) sedangkan jenis ATX di gunakan pada komputer generasi selanjutnya.

Power supply juga memiliki pin yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik tersebut, tetapi untuk melakukan pengecekan kondisi arus tersebut, yang akan kita gunakan adalah pin utama yang mengalirkan arus ke mainboard.

Pin ini biasanya berjumlah 20/24 pin. Untuk melakukan pengecekkan tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara mengecek kondisi power supply

#1. Pertama, silahkan lepaskan semua konektor dari power supply yang terhubung ke komponen pada pc seperti ke mainboard, harddisk dll (pastikan power suppy tidak terhubung dengan arus listrik sebelum mencabut dari komponen internal pada komputer).

#2. Kemudian ambil konektor ATX 20/24 pin seperti pada gambar di bawah ini.

#3. Cari kable berwarna hijau pada konektor tersebut ( biasanya urutan ke 4), Anda tidak perlu bingung karna hanya ada 1 kabel saja yang berwarna hijau.

#4. Kemudian hubungkan ke kabel berwarna hitam di sebelahnya ( kabel warna hitam yang mana saja tetap bisa di gunakan karna berfungsi sebagai sisi negatif ).

#5. Lalu tancapkan potongan kabel atau benda lainnya yang bisa mengantarkan listrik ke konektor yang memiliki kabel berwarna hijau dan hitam.

Cara mengecek kondisi power supply dengan jumper

#6. Setelah itu, silahkan hubungkan power supply ke arus listrik, Jika kipas menyala berarti power supply masih dalam keadaan baik dan bisa di gunakan.

Cara mengecek kondisi power supply dengan jumper

NB : Silahkan ikuti petunjuk berdasarkan urutan demi keamanan dalam mengikuti tutorial ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *