Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

Cara mengatasi tinta macet atau hasil print bergaris (Canon IP 2770)

Permasalahan tinta macet atau hasil print bergaris biasanya di sebabkan oleh mengeringnya bagian bawah catridge yang berfungsi sebagai pintu keluar tinta di dalam catridge (terjadi penyumbatan).

Hal ini bisa di sebabkan oleh penggunaan printer yang kurang rutin (Jarang di gunakan dalam waktu lama) atau tinta di dalam catridge kurang sehingga output yang di hasilkan tidak maksimal.

Masalah ini biasanya tidak hanya terjadi pada tinta infus saja. Bahkan kadang tinta tanpa infus pun mengalaminya.

Untuk tinta tanpa infus troubleshootnya cukup mudah, Alat yang di butuhkan untuk troubleshoot ini ada beberapa sepertiĀ :

  1. Tisu
  2. Wadah untuk air hangat
  3. Tinta refil (Optional jika tinta habis)
  4. Tinta suntik (Optional)
  5. Lem gun (Untuk Catridge yang di pasang infus, fungsinya adalah untuk menutup antara lubang catridge dan selang infus agar tidak terjadi kebocoran rongga)

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan tinta di dalam catridge masih ada (Belum habis).
  2. Silahkan tes dengan mencetak sebuah halaman berwarna. Untuk jenis Canon bisa dengan melakukan pengetesan terhadap Nozzle, caranya Klik menu Start Device and Properties – Klik kanan pada driver printer – Pilih Printer properties – klik MaintenanceNozzle check. lihat hasilnya, apakah bagus semua atau bergaris.
  3. Jika hasil bergaris, lakukan Cleaning Pada menu Maintenance, Jika hasil tetap sama, lakukan Deep Cleaning coba 3-4 kali sampai ada perubahan.
  4. Jika tidak ada perubahan, silahkan rendam catridge dengan air hangat. Silahkan siapkan Air hangat, Hidupkan printer, kemudian ambil Catridge dari dalam printer, (Hati-hati jangan sentuh bagian sensor di bagian depan catridge maupun di bawah catridge).
  5. Rendam catridge dengan Air hangat tersebut, Biarkan sekitar 5 menitan. (Jangan sampai sensor terendam, cukup bagian bawah catridgenya saja).
  6. kemudian lap dengan Tisu hingga kering. Pasang kembali dan lakukan pengetesan. (Bersihkan juga bagian sensor dengan di lap menggunaka tisu secara perlahan)

Untuk printer infus :

  1. Pastikan tinta masih ada.
  2. Cek kondisi selang, pastikan tidak ada yang bocor.
  3. Lakukan tes print berwarna (kalau bisa gambar), atau lakukan Nozzle Check seperti cara di atas.
  4. Jika hasil Jelek, Lakukan Cleaning ataupun deep cleaning (Pastikan tinta selang dari catridge tidak bocor atau masuk angin).
  5. Jika hasil cleaning sama saja, silahkan lakukan perendaman seperti cara pada Catridge tanpa infus di atas. (Lepas selang di kepala catridge, jangan lupa tutup bagian penutup kecil pada penampung tinta agar tinta tidak bocor).
  6. Setelah semua tahap selesai, coba lakukan pengetesan cetak dokumen atau Nozzle check dan lihat hasilnya. Apakah ada perubahan atau tidak.

Jika perendaman juga tidak berhasil coba lakukan perendaman dengan waktu yang cukup lama, Jika tidak ada perubahan, Solusi terakhir adalah melakukan penggantian Catridge.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *