Baca disiniMau punya blog sendiri ? Ikuti panduannya disini. Gratis !

4 Situs web untuk melakukan tes kecepatan website

Kualitas dari halaman website, selain masalah konten yang bermutu adalah masalah kecepatan akses dari website tersebut.

Kecepatan ini sangat berpengaruh bagi peningkatan trafik pada web tersebut.

Mau sebagus apapun konten dan tampilannya, jika sebuah web mempunyai kecepatan yang buruk, maka pengunjung tidak akan segan-segan untuk meninggalkan halaman tersebut.

Kecepatan pada website ini biasanya di pengaruhi oleh script yang ada pada web, template web dan kualitas dari web hosting yang kita gunakan.

Kita bisa memeriksa kecepatan website yang kita miliki untuk mengetahui tingkat dari kecepatan web tersebut. Tujuannya tentu saja untuk pertimbangan pengembangan performa pada web kedepannya.

Beberapa fasilitas website yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengetesan kecepatan web yang kita miliki adalah :

1. GT metrix

GT metrix adalah salah satu situs web yang berguna untuk membantu mengecek seberapa cepat website kita jika diakses di internet.

Dengan simulasi pengetesan yang dilakukan menggunakan server di regional Kanada dan web browser mozilla, kita bisa mengetahui detail dari kecepatan website mulai dari skor tercepat sampai skor terendah kecepatan akses pada website kita.

2. Pingdom

Pilihan kedua adalah menggunakan fasilitas web pingdom. Bedanya disini kita bisa memilih lokasi pengetesan di beberapa tempat seperti Amerika serikat, Australia dan swedia.

Pada website pingdom ini, data yang ditampilkan cukup lengkap. Mulai dari berat halaman, kecepatan download, analisis kode, nilai kinerja, dan saran untuk peningkatan website.

3. PageSpeed Insight

Lagi-lagi fitur optimize sebuah website diberikan secara gratis oleh google, sang raksasa search engine hingga saat ini. Kelebihan PageSpeed Insight sendiri yaitu akan menampilkan data kecepatan dari sebuah website saat di akses dari perangkat mobile maupun dari desktop.

Tentunya akan di tampilkan juga kekurangan dan solusi yang bisa kita gunakan dalam mengoptimalkan web tersebut.

4. WEB Page Test

Dan yang keempat adalah menggunakan WEB Page Test. Fitur yang ditampilkan web ini bahkan lebih detail lagi. Kita bisa melakukan pengetesan uji coba dengan tes akses dari beberapa negara serta jenis device yang tersedia di list.

Bahkan kita bisa menentukan sendiri browser yang akan di uji cobakan dalam simulasi, seperti Google Chrome, Mozilla, IE dan  beberapa browser lainnya.

Ituah beberapa situs web yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk memantau kualitas kecepatan pada web Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *